Last update: 23 February 2013 | 22:47 WIB

Candi Prambanan (Candi Roro Jongrang)

Candi Prambanan (Candi Roro Jongrang)

Gerbang utama komplek Candi Prambanan

Candi Prambanan atau disebut juga Candi Roro Jongrang merupakan komplek percandian Hindu terbesar di Indonesia. Terdapat tiga candi utama yang salah satunya menjulang hingga 47 meter, ketiga candi tersebut dikelilingi ratusan candi lainnya. Komplek percandian ini terletak di Desa Prambanan, Kabupaten Klaten, tepat di perbatasan antara Yogyakarta dengan Propinsi Jawa Tengah.

Candi dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai Pikatan dan diperluas oleh Rakai Balitung, raja-raja dari kerajaan Medang Mataram. Candi ini dipersembahkan untuk menghormati tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa yang melambangkan pencipta, pemelihara dan pemusnah. Berdasarkan prasasti yang dibuat Rakai Kayuwangi dari kerajaan Medang pada tahun 856 Masehi, nama asli komplek candi ini adalah Siwagrha yang berarti “rumah siwa”. Hal ini terlihat juga dari adanya patung dewa Siwa setinggi 3 meter, dan candi Siwa pun merupakan candi yang terbesar di komplek ini yang menunjukkan bahwa dewa Siwa lebih diutamakan.

Dikalangan rakyat Jawa, terdapat juga sebuah cerita legenda yang dikait-kaitkan dengan keberadaan Candi Prambanan. Diceritakan pada masa itu, ada seorang pria bernama Bandung Bondowoso yang mencintai perempuan bernama Roro Jongrang. Namun Roro Jongrang tidak menghendaki pria ini. Untuk menolaknya, Roro Jongrang meminta Bondowoso membangunkan 1000 candi dalam waktu satu malam. Hal itu disanggupi Bondowoso. Ketika Bondowoso sudah menyelesaikan 999 candi, Jongrang meminta warga desa memukul halu dan menyalakan api agar kelihatan fajar sudah menyingsing. Bondowoso tahu dirinya sedang dicurangi, saking marahnya ia mengutuk Roro Jongrang menjadi candi yang keseribu. Oleh karena itu, masyarakat sekitar menamakan komplek percandian ini candi Roro Jongrang.

Lokasi dan akses ke Candi Prambanan

Nama Candi Prambanan
Alamat Jalan Raya Jogya – Solo Km 16┬áPrambanan,┬áSleman, Yogyakarta 55571, Indonesia
Telp +62 274 496 402
Fax +62 274 496 404
Web www.borobudurpark.com/temple/prambananTemple
Akses Dari Malioboro Yogyakarta, naik Transjogja 1A langsung ke Prambanan. Bis tersedia setiap 20 menit, keberangkatan pertana jam 6 pagi

Peta lokasi candi Prambanan

View Larger Map

Jadwal Kunjungan dan harga tiket

Jadwal kunjungan
Senin-Minggu: 06.00-17.00 WIB
Hari libur dan hari besar tetap buka

Harga tiket masuk
Turis lokal
Dewasa Rp. 30.000,-
Anak Rp. 12.500,-

Turis asing
Dewasa US$ 18
Anak US$ 9

Rombongan umum (minimum 30 orang) diskon 10%, rombongan pelajar (minimum 20 orang) diskon 10%.

Tulis komentar