Last update: 5 March 2013 | 14:59 WIB

Situs Trowulan Majapahit

Situs Trowulan Majapahit

Candi Tikus, tempat pemandian

Situs Trowulan merupakan puing-puing kota dari jaman Hindu-Budha yang diperkirakan para ahli sebagai ibu kota kerajaan Majapahit. Perkiraan ini sesuai dengan keterangan yang terdapat pada kitab Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca pada abad ke-14 dan diperkuat dengan sebuah literatur di cina yang ditulis pada abad ke-15.

Lokasi puing-puing kota mencakup wilayah seluas 99 kilometer persegi yang meliputi Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto dan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Situs Trowulan sangat cocok sebagai pusat permukiman, secara geografis tempat ini merupakan hamparan datar yang terdapat di antara tiga buah gunung, yakni Penanggungan, Welirang, dan Gunung Anjasmara. Ratusan ribu benda hasil peradaban tua ditemukan didaerah baik yang terkubur didalam tanah maupun permukaannya. Beberapa benda ini berbentuk artefak, bangunan, jalan, irigasi dan infrastruktur kota lainnya.

Situs Trowulan Majapahit

Klik untuk perbesar gambar

Situs Trowulan pertamakali diteliti oleh Wardenaar pada tahun 1815, yang mencatat sejumlah peninggalan arkeologi di wilayah Mojokerto. Catatan ini dikutip oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang terkenal “Sejarah Jawa” pada tahun 1817. Setelah periode ini terdapat banya sekali penelitian tentang situs Trowulan. Bahkan seorang Bupati Mojokerto, R.A.A. Kromodjojo Adinegoro (1849-1916), melakukan penelitian dengnan menggali sistem air tua yang dibernama Candi Tikus. Bupati ini juga memprakarsai pembentukan Museum Mojokerto yang menyimpan artefak arkeologi kerajaan Majapahit.

Pada tahun 2008, Pemerintah berniat untuk membuat semacam kompleks besar yang diberinama Majapahit Park di daerah Trowulan. Kompleks ini merupakan sebuah arena untuk merekontsruksi situs kota tua, tempat pendidikan kebuadayaan Majapahit dan taman rekreasi. Namun rencana ini masih menuai kontroversi dari para arkeolog yang khawatir pembangunan kompleks ini justru akan merusak situs Trowulan. Rencana pun ditangguhkan sampai adanya penelitian lebih lanjut.

Lokasi dan akses menuju situs Trowulan

Nama Situs Trowulan
Alamat Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Peta lokasi situs Trowulan

View Larger Map

Tulis komentar